Kamis, 11 Februari 2010

Instalasi Dewalinux untuk Pemula

Instalasi Dewalinux untuk Pemula


Anda pengguna Windows dan Anda telah mendengar berbagai hal tentang Dewalinux lalu ingin mencobanya? Yah, sekedar untuk membuktikan bahwa isu (bahwa Dewalinux itu mudah, cantik dan lengkap) itu benar atau tidak. Tulisan ini dapat Anda jadikan panduan.

  1. Anda perlu mendapatkan CD instalasi Dewalinux (sebaiknya ini disesuaikan dengan arsitektur komputer Anda). Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa cara:
    • Pemesanan.
      Anda dapat memesan di Kantor JossCenter, dengan alamat Jl Kartini no 6 (flexi center) Jember Jawa Timur. atau telp 0331-3456788
    • Membeli.
      Anda dapat membeli CD atau DVD Dewalinux dari distributor terdekat. Di Jember Jawa Timur.
  2. Berikutnya, Anda perlu menentukan apakah akan mempertahankan Windows Anda atau meninggalkannya. Tetapi, apapun pilihan Anda, sebaiknya Anda membackup data-data penting Anda dalam sebuah USB flashdisk, harddisk portable atau media penyimpanan apapun yang Anda miliki. Nah, setelah Anda yakin semua data Anda dibackup, masukkanlah CD Dewalinux Anda ke dalam CDROM drive kemudian restart komputer Anda. Pastikan bahwa setting BIOS Anda menunjukkan CDROM/DVDROM sebagai first boot. Tunggu sejenak hingga Anda melihat window Dewalinux. Pilihlah (dengan tombol panah, kemudian tekan enter) pilihan pertama: Start or install Dewa linux. Anda tidak perlu takut mencoba ini karena CD instalasi ini akan berjalan tanpa mempengaruhi sistem Anda. Berikutnya Anda akan melihat progress bar hingga muncul splash screen Dewalinux yang manis. Kemudian, setelah splash screen pudar, Anda akan melihat tampilan Desktop Dewalinux dengan ikon Install dan Examples di bagian kiri atas. Perlu dipahami, bahwa mungkin Anda merasa sedikit lambat, tentu saja karena sistem ini saat ini berjalan dengan LiveCD. Artinya, jika Anda ingin menikmati Dewalinux dengan kecepatan penuh, Anda harus menginstallnya. Sampai di sini Anda telah dapat mencoba beberapa aplikasi di dalam Dewalinux seperti OpenOffice, beberapa musik dan film yang Anda di dalam direktori Examples di Desktop Anda. Nyalakan speaker Anda ketika mencoba menyalakan film tersebut dan perhatikan apakah hardware-hardware Anda telah didukung oleh Dewalinux. Anda dapat mencoba kartu suara, mencoba mendeteksi printer, setting jaringan dan internet, dll. Tentang ini akan dibahas lebih detil pada waktu lain. Jika Anda merasa Dewalinux cukup menyenangkan, Anda bisa mempertimbangkan pilihan untuk menginstallnya.
  3. Jika Anda telah mantap untuk menginstall Dewalinux, Anda dapat mematikan komputer Anda. Kemudian nyalakan kembali Microsoft Windows Anda, lalu partisi harddisk Anda (jika Anda menginginkan dual boot, komputer Anda dapat menjalankan Windows atau Dewalinux). Jika Anda berniat untuk meninggalkan Windows, tinggalkan partisi Anda begitu adanya. Anda dapat mempartisi harddisk Anda dengan fasilitas pemartisi yang ada pada Windows XP atau menggunakan program pemartisi seperti Partition Magic. Berikan sekitar 5 GigaByte untuk partisi Dewalinux atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda jika Anda telah memahami Dewalinux lebih baik. Setelah partisi dibuat, Anda dapat masukkan CD/DVD Dewalinux ke dalam CDROM kemudian restart komputer Anda.
  4. Anda dapat melakukan langkah-langkah seperti langkah nomor 2. Kemudian Anda dapat klik ikon Install pada Desktop Dewalinux tersebut. Kemudian, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi berikut ini:
    • Pilih bahasa
      Pilihan bahasa Anda ini akan menjadi bahasa pengantar proses instalasi Anda, juga bahasa default Dewalinux Anda ketika proses instalasi selesai.
    • Tentukan lokasi Anda
      Berikutnya Anda perlu menentukan posisi Anda dalam peta dunia. Ini terkait dengan waktu sistem Anda nantinya.
    • Tes keyboard
      Langkah ini digunakan untuk mendeteksi layout keyboard Anda. Umumnya keyboard di Indonesia menggunakan layout U.S. English.
    • Menentukan partisi
      Ketika sampai di tahap ini, Anda perlu berhenti sebentar, mengambil napas kemudian sedikit berpikir. Ini bukan tahap yang mudah. Jika Anda berniat mempertahankan Windows Anda (dan menginstall Dewalinux sebagai dual boot) maka pilihlah pilihan pertama yaitu: “Guided – resize the partition and use the free space“. Sedangkan jika Anda tidak ingin lagi menggunakan Windows, pilihlah pilihan kedua: “Guided – use entire disk“. Dan Anda dapat melakukannya dengan mnaual.
    • Migration Assistant
      Bagian ini adalah fitur baru Dewalinux. Dengan fitur ini, Anda dapat memigrasikan item-item pada account Windows Anda seperti bookmark Firefox, wallpaper, favorites pada Internet Explorer, kontak Yahoo Messenger, dll. Direktori-direktori seperti My Picture dan dan My Document pun akan di backup ke sistem Dewa linux Anda.
    • Menentukan identitas Anda
      Berikutnya Anda harus mengisikan beberapa field seperti nama lengkap dan nama yang akan digunakan untuk login ke komputer Anda. Setelah Anda melengkapi formulir ini, klik Forward.
    • Siap dengan Dewalinux?
      Sampai tahap ini, instalasi telah selesai. Sistem Dewa linux Anda telah siap digunakan. Keluarkan CD/DVD Dewalinux dari CDROM lalu restart!

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Jangan dan dilarang bosen lihat blog ini... terima Kasih