Senin, 08 Maret 2010

Dual Boot

Berikut sedikit penjelasan melakukan dual booting sistem operasi Windows Vista + XP atau dengan kata lain melakukan instalasi sistem operasi XP pada drive berbeda dimana sebelumnya telah terinstal Windows Vista.
Langkah pertama, mempartisi drive anda. Untuk melakukan partisi drive pada Vista dapat dilakukan dengan banyak cara. Bisa dengan menggunakan aplikasi/software yang memang difungsikan untuk mempartisi drive anda seperti "Partition Magic" atau yang lainnya. Namun Vista telah menyediakan fasilitas yang dapat membantu anda memanajemen drive anda. Anda dapat menuju Start > Computer > (klik kanan) Manage. maka akan muncul window "computer management".


Lalu pilih "disk management". Pada bagian tengah window akan tampil (berbagai) partisi hardisk yang anda miliki. Pilih drive yang anda yang akan anda partisi dan klik kanan > "shrink volume". Sediakan space sebesar (minimum) 5 Gb. lalu pilih "shrink".
setelah proses partisi Windows telah selesai berikutnya adalah menginstall Windows XP. Instalasi Windows XP dilakukan seperti biasanya yaitu menggunakan CD XP pada saat booting.


Setelah windows XP terinstall secara default begitu anda menghidupkan komputer anda maka akan masuk ke sistem operasi XP. Berikut cara menampilkan pilihan pada saat komputer dihidupkan sehingga anda dapat memilih sistem operasi mana yang akan anda gunakan. Vista atau XP.

Setelah anda masuk kedalam XP maka anda perlu mengcopy beberapa file dan sebuah folder yang ada pada drive C: (drive tempat Vista terinstal). File dan folder tersebut antara lain adalah :
- folder boot (/boot)
- bootmgr
- boot.ini
- NTDETECT.COM
- ntldr
namun sebelumnya ubah settingan pada folder option untuk dapat melihat file-file system tersebut yang attributnya "hidden".

Kemudian paste file dan folder tersebut pada root drive XP anda (misal, E:\). setelah itu instal software aplikasi VistaBootPRO 3.2 (gratis). Software tersebut merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatur / menanajemen proses boot dan menampilkan pilihan sistem operasi yang akan dijalankan pada saat booting. Namun aplikasi ini bisa terinstal jika komputer anda telah terinstal microsoft .net framework versi 2. Secara default komputer anda tidak memiliki hal tersebut. Maka sebelumnya install .net framework 2 tersebut yang dapat didonlot di sini secara gratis. Ketika .net framework 2 telah terinstal maka anda dapat menginstal aplikasi VistaBootPRO 3.2 dan menjalankannya.

Setelah menjalankan VistaBootPro 3.2 anda dapat memilih menu / tab "Manage OS Entries" dan menambah OS baru yaitu Windows XP, dengan cara mencentang check box "Add New OS Entry" dan mengisi "OS name" sesuai dengan keinginan anda misal : "Microsoft windows XP". Kemudian memilih "OS type" : "Windows Legacy" dan "OS Drive" : drive tempat windows XP anda terinstal (misal, D:\) dan menekan tombol "Apply Update" untuk melakukan perubahan yang telah anda lakukan.



Setelah itu pilih menu / tab "System Bootloader" dan memilih radio button "Windows Vista Bootloader" pada spesific drive yaitu drive tempat vista anda terinstal (misal, C:\) dan menekan tombol "Instal Bootloader" untuk melakukan perubahan yang anda lakukan.


Proses telah selesai maka anda dapat me-restart komputer anda dan melihat perubahan yang terjadi. Yaitu pada saat booting akan meuncul pilihan sistem operasi yang akan dijalankan Vista atau XP.

Proses Copy Paste folder dan beberapa file pada root Vista ke XP dimaksudkan agar saat aplikasi VistaBootPRO 3.2 menjalankan prosesnya windows XP dapat terbaca. Hal ini KEMUNGKINAN dikarenakan VistaBootPRO 3.2 merupakan aplikasi Vista namun karena dijalankan pada XP maka folder dan file system tersebut perlu dicopykan ke root XP agar dapat dikenali. (halah mbulet,,, tp ngerti kan?!?! hehehe...)




Instalasi Ubuntu dual-boot dengan Windows tanpa mempartisi Harddisk

Pengenalan tentang Wubi

Banyak pengguna Windows yang tertarik untuk mencoba Ubuntu adalah takut melakukan partisi ulang drive mereka untuk mendirikan dual-boot (dual-boot memungkinkan Anda untuk memilih pada saat boot-up apakah Anda ingin menggunakan satu sistem operasi atau yang lain). Ya, ada pilihan lain, seperti menjalankan live CD atau instalasi Ubuntu sebagai mesin virtual di dalam Windows. Tetapi juga menyenangkan mengetahui masih ada pilihan lain-Wubi adalah sebuah program yang datang pada Ubuntu Desktop CD (atau dikenal sebagai live CD) yang memungkinkan anda untuk menginstal Ubuntu sebagai dual-boot dengan menginstal sebagai file besar dalam Windows dan kemudian memodifikasi Windows boot loader untuk menambahkan sebuah entri untuk Ubuntu.

Yang menyenangkan tentang pendekatan ini dari sudut pandang pengguna Windows adalah bahwa tidak ada risiko tidak sengaja menghapus seluruh isi harddisk, Anda tidak perlu tahu apa-apa tentang partisi, dan Anda dapat dengan mudah menghapus Ubuntu dari dual-boot jika tidak suka dengan Ubuntu.

Menginstall Wubi

Dalam sesi Windows normal Anda (pastikan Anda memiliki hak administratif pengguna pertama), masukkan CD Desktop Ubuntu.


Dialog ini harus dalam bentuk pop up secara otomatis. Jika tidak, Anda mungkin dapat menemukan file autorun pada CD melalui Windows Explorer.

Pilih Install inside Windows.


Jawab pertanyaan dan klik Install.


Tunggu sampai semua proses selesai. Ini bisa berlangsung agak lama (15-30 menit).


Ketika dual-boot sudah diatur, Windows akan secara otomatis mengeluarkan CD Ubuntu, dan Anda akan diminta untuk reboot.

Ketika Anda reboot, Anda akan melihat menu boot ini:
"Please select the operating system to start:

Microsoft Windows XP Professional
Ubuntu

Use the up and down arrow keys to move the highlight to your choice. Press ENTER to choose.

For troubleshooting and advanced startup options for Windows, press F8."



Itu cukup jelas. Saya yakin Windows akan tetap menjadi boot default, jadi jika anda ingin boot ke Ubuntu, Anda harus menekan arah panah bawah dengan cepat.

Pertama kali anda boot ke Ubuntu, Anda mungkin melihat partitioner startup dan kemudian sebuah progress bar untuk Ubuntu menginstal sendiri. Ini akan berlangsung agak lama (mungkin lagi 10 menit), tetapi akan tidak melibatkan interaksi pengguna. Setelah proses ini selesai, komputer akan secara otomatis reboot.

Mengganti default boot order

Wubi set up dual-boot sehingga pilihan boot default adalah Windows. Jika Anda ingin mengubah default untuk Ubuntu sebagai gantinya, pergi ke Control Panel pada Windows.


Klik Sistem dan pilih Advanced dan kemudian Pengaturan di bawah Startup and Recovery.


Dalam sistem operasi default menu drop-down, pilih Ubuntu. Kemudian klik OK setelah Anda selesai.

Menghapus Wubi


Jika Anda tidak menyukai Ubuntu, Anda dapat menghapus hanya seperti program Windows lainnya dengan pergi ke Add or Remove Programs pada Control Panel dan pilih Change / Remove untuk Ubuntu.

1 komentar:

  1. barangkali info ini berguna untuk teman-temanku tkj: lihatlah di situs: YOU TUBE GPINKOM. Saya baru saja mengunjunginya. Terdapat banyak pelajaran tentang hardware berbahasa indonesia yang disampaikan melalui video. bagus sekali penyampaiannya, padat dan mudah dipahami siapa saja. berisi ilmu-ilmu penting tentang hardware komputer. banyak sekali materi yang belum pernah diajarkan di sekolah kita. downloadnya gratis lagi. semoga info ini bermanfaat untuk anda. mari berbagi info...

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Jangan dan dilarang bosen lihat blog ini... terima Kasih